PROFIL SEYEGAN

Seyegan adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

I.Wilayah Administrasi

Kecamatan Seyegan berada di sebelah Barat Daya dari Ibukota Kabupaten Sleman. Jarak Ibukota Kecamatan ke Pusat Pemerintahan (Ibukota) Kabupaten Sleman adalah 9 Km. Lokasi ibu kota kecamatan Seyegan berada di 7.72119‘ LS dan 110.30841‘ BT. Kecamatan Seyegan mempunyai luas wilayah 2.662,99 Ha. Alamat Kantor Kecamatan Seyegan di Terwilen, Margodadi, Seyegan, Sleman Desa di wilayah administrasi Kecamatan Seyegan:

  1. Desa Margoluwih
  2. Desa Margodadi
  3. Desa Margomulyo
  4. Desa Margoagung
  5. Desa Margokaton
II.Geografis

Kecamatan Seyegan berbatasan dengan

  • Utara :Kecamatan Sleman dan Tempel
  • Timur :Kecamatan Mlati
  • Selatan:Kecamatan Godean
  • Barat :Kecamatan Minggir

Kecamatan Seyegan berada di dataran rendah. Ibukota Kecamatannya berada pada ketinggian 165 meter diatas permukaan laut. Suhu tertinggi yang tercatat di Kecamatan Berbah adalah 32ºC dengan suhu terendah 22ºC. Bentangan wilayah di Kecamatan Seyegan berupa tanah yang datar dan berombak serta sedikit yang berbukit.

III.Penduduk

Jumlah keseluruhan penduduk Kecamatan Seyegan adalah 43.361 orang. Sebagian besar penduduk Kecamatan Seyegan adalah Petani.

IV.Potensi Ekonomi

Sarana dan prasarana perekonomian di Kecamatan Seyegan antara lain koperasi berjumlah 57 buah, pasar 7 buah. Usaha industri besar dan sedang 1 unit, industri besar 1 unit, industri kecil 380 unit, serta industri sedang berjumlah 157 unit. Rumah makan yang terdaftar ada 22 rumah makan.

V.Potensi Wisata

Terdapat 4 tempat lokasi yang dapat digunakan untuk wisata serta ada 28 perkumpulan kesenian. Upacara adat Mbah Bregas ada di dusun Ngino.

VI.Sarana dan Prasarana
VII.Pertaian

Produksi pertanian padi mencapai sekitar 8.064 ton per tahun, buah-buahan 8.220 ton per tahun, dan jagung 6.231 ton per tahun.

VIII.Perikanan dan Peternakan

Hasil ternak yang terbanyak dalah kambing 9.569 ekor, domba 2981 ekor disusul sapi potong 2.228 ekor dan kerbau 664 ekor. Unggas yang terbanyak adalah ayam ras pedaging 112.050 ekor, ayam buras 46.500 ekor dan burung puyuh 30.000 ekor. Hasil perikanan mujaer/nila mencapai 26.383 kg per tahun, kemudian grass caep 25.214 kg per tahun, kemudian gurameh 7.420 kg per tahun.

di sunting dari wikipedia.org 

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: