Kompor Pembagian Banyak yang Rusak


BANDUNG, KOMPAS – Pembagian paket kompor dan tabung gas bersubsidi terkait program konversi minyak tanah di Kota Bandung dan Cimahi terus berjalan. Sayangnya, tidak sedikit kompor maupun regulator yang rusak atau bocor. Akibatnya, banyak warga mengeluh.

Rasono (36), warga RT 2/RW 18 Kelurahan Leuwipanjang Kecamatan Cimahi Selatan mengatakan, kompor yang dia terima tidak berfungsi. Pemantik maupun regulator berfungsi, namun saat dinyalakan api tidak keluar pada tungku. Api malah keluar dari pipa penghubung regulator dan pemantik.

“Kompor tidak mau nyala sama sekali. Saya takut, kok kompor tidak menyala-nyala juga. Lagi pula saya juga belum terbiasa memakai kompor gas. Ini baru pertama kali,” ujar Rasono yang mendatangi petugas di lokasi pembagian setelah dia mencoba kompor di rumah.

Kekhawatiran itu juga dikatakan Komara (58), yang menerima kompor dengan pemantik dan pipa penghubung pemantik dengan selang yang tidak berfungsi. Setelah mencoba memasang, tetapi tidak juga berhasil, dia menukarkan kompor tersebut kepada petugas. Komara mengaku takut jika kompor itu meledak.

Akan tetapi, tidak semua warga yang ingin menukar komponen kompor tidak berfungsi itu bisa langsung dapat, karena stok yang dibawa petugas terbatas. Akibatnya, kata Rasono, dia diminta menunggu sehari oleh petugas, karena kompor pengganti sedang dicarikan.

Menurut Agus Cahyadi, petugas pembagi kompor dari PT SCO Prima Inovatindo, masih banyak masyarakat yang belum terbiasa menggunakan kompor gas, sehingga kesulitan saat pertama kali menyalakan. Akibatnya, muncul berbagai keluhan warga yang minta agar kompor atau regulator ditukar. Oleh sebab itu, usai membagikan kompor, petugas akan menyisir setiap rumah yang mendapatkan kompor, menyosiali cara aman pemasangan dan pemakaian kompor gas. (THT)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: