Keluarga Miskin Sleman diatas Rata-Rata Nasional

Kamis, 29 Juli 2010 14:35:00
Wakil Bupati Sleman, Sri Purnomo dalam puncak Hari Anak Nasional di Sleman. (Foto: Ardhi W)

SLEMAN (KRjogja.com) – Jumlah keluarga miskin di Kabupaten Sleman terbilang cukup tinggi, yakni mencapai 22,29 persen. Prosentase tersebut berada di atas rata-rata nasional yang mencapai 14 persen. Wakil Bupati Sleman, Sri Purnomo menegaskan, tingginya angka keluarga miskin tersebut menjadi tanggung jawab seluruh elemen masyarakat. Pasalnya, kekuatan pembangunan justru terletak di masyarakat.

“Pemerintah daerah hanya memberikan dana stimulan saja. Sementara kekuatan utama pembangunan sebenarnya berada di masyarakat itu sendiri. Oleh karena itu, budaya gotong royong harus terus dibangun menjadi ciri khas masyarakat,” ujarnya dalam puncak peringatan Hari Bhakti Gotongroyong, Hari Keluarga Nasional dan Hari Anak Nasional di Balai Desa Tirtomartani Kalasan Sleman, Kamis (29/7) siang.

Sementara untuk menekan tingginya keluarga miskin di Sleman, pemda kini tengah menekan angka pertumbuhan penduduk. Angka pertumbuhan penduduk di Sleman yang mencapai 1 persen per tahun ini akan terus di tekan hingga jauh di bawah 1 persen. “Prosentase keluarga miskin di Sleman ini memang di atas rata-rata nasional. Harapannya, dengan menekan pertumbuhan penduduk, maka kesejahteraan bisa ditingkatkan. Tetapi, memang butuh kerjasama dengan seluruh elemen masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bidang KB, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sleman, dr Endang Pujiastuti M. Kes menambahkan, dari data BKKBN tahun 2009, terdapat 32,35 persen keluarga pra sejahtera dan sejahtera I di Kabupaten Sleman. “Kalau ditotal, ada sekitar 25,7 ribu keluarga pra sejahtera. Ini butuh penanganan yang serius dan dilakukan secara terus menerus serta terpadu dengan bidang-bidang yang lain,” jelasnya.

Oleh karena itu, pada peringatan Hari Bhakti Gotongroyong, Hari Keluarga Nasional dan Hari Anak Nasional ini, pihaknya merangkul masyarakat serta melibatkan dinas-dinas terkait dalam upaya pengembangan masyarakat. “Kami berharap, upaya-upaya yang sudah dibangun ini terus dilanjutkan pada kepemimpinan Bupati Sleman periode selanjutnya,” harapnya. (Dhi)

di ambil dari http://www.krjogja.com

2 Komentar (+add yours?)

  1. hadi
    Agu 21, 2010 @ 04:43:03

    Trima kasih, mudah-mudahan kampung tercinta di Bulu margomulyo sleman semuanya pada hidup sejahtera. Salam tuk Mas pur, pengen pulang tapi terbentur pekerjaan. Dari hadi di bogor……….

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: